SMA At-Tawazun Melakukan Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dengan Kegiatan Robotik

Sekolah Menengah Atas (SMA) At-Tawazun Kalijati kini memiliki kegiatan Robotik. Melalui kegiatan robotik, siswa secara langsung menerapkan konsep-konsep STEM dalam praktik, sehingga pemahaman mereka terhadap materi pelajaran menjadi lebih mendalam dan bermakna.

Penguasaan STEM adalah merupakan perpaduan sempurna dari ilmu Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM). Pengembangan Keterampilan Abad 21 yaitu kegiatan robotik melatih siswa untuk memiliki keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan di dunia kerja masa depan, seperti Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication.

Kepala SMA At-Tawazun Bpk. Tedi Sumardi, S.Si, M.Si berharap dengan kegiatan robotik siswa mampu dilatih untuk memecahkan masalah secara sistematis dan kreatif dalam merancang dan membangun robot (Problem Solving). Kemudian siswa juga dituntut untuk berpikir kritis dalam menganalisis masalah dan mencari solusi yang optimal (Critical Thinking).

Disamping itu robotik juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dalam merancang robot dengan berbagai fungsi dan inovasi (Creativity). Kegiatan robotik biasanya dilakukan secara berkelompok, sehingga siswa belajar untuk bekerja sama dan saling melengkapi (Collaboration).

Bpk. Tedi Sumardi menambahkan siswa perlu berkomunikasi dengan baik untuk menyampaikan ide dan hasil kerja mereka (Communication). Disisi lain kegiatan robotik mampu menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang teknologi. Bagi siswa yang memiliki minat pada bidang teknik, robotik dapat menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan potensi mereka

“Dengan adanya kegiatan robotik, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar mata pelajaran seperti matematika, fisika, dan informatika. Mereka melihat langsung penerapan ilmu-ilmu tersebut dalam kehidupan nyata.” Ujar pria lulusan IPB dan UI itu.

Beliau berharap kegiatan robotik dapat menjadi bekal yang baik bagi siswa yang ingin melanjutkan studi di bidang teknik atau komputer. Selain itu, keterampilan yang diperoleh dari kegiatan robotik juga sangat dibutuhkan di berbagai industri, seperti otomotif, manufaktur, dan kesehatan.

Baca Juga :   Pesantren Adalah Opsi Terbaik, Pondok Pendidikan Era Modern Part 2

Selanjutnya kegiatan robotik memiliki keistimewaan diantaranya adalah mendorong siswa untuk selalu berpikir inovatif dalam merancang dan membangun robot. Mereka dapat mengembangkan ide-ide kreatif untuk mengatasi berbagai permasalahan. Melalui kegiatan robotik, siswa mendapatkan pengalaman praktis dalam merancang, membangun, dan menguji robot. Hal ini sangat berbeda dengan pembelajaran teori di kelas.

Meningkatkan Self-Confidence atau keberhasilan dalam merancang dan membangun robot dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa serta menumbuhkan Jiwa Entrepreneur dimana kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur pada siswa. Mereka dapat belajar untuk mengembangkan produk atau jasa berbasis robot.

“Melalui kompetisi robotik, siswa dapat bertemu dengan siswa dari sekolah lain dan menjalin networking.” Kata Bpk. Tedi Sumardi

Insya Allah kegiatan robotik akan dimulai di semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Diawali pengenalan dan ilmu-ilmu dasar robotik yang akan diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

×

Hubungi Kami via Whatsapp 

× Hubungi Kami