Khutbatul Wada’ Pimpinan Ponpes At-Tawazun Dr.KH. Musyfiq Amrullah,Lc.,M.Si. Pada Wisuda Angkatan XVI

Poin-poin yang disampaikan oleh Abina Dr. KH. Musyfiq Amrullah, Lc., M. Si. pada Khutbatul Wada’ Wisuda Angkatan XVI Pondok Pesantren At-Tawazun Tahun 2024

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

القائل في كتابه الكريمٌ

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

فَخَلَفَ مِنۡۢ بَعۡدِهِمۡ خَلۡفٌ اَضَاعُوا الصَّلٰوةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوٰتِ‌ ۖ فَسَوۡفَ يَلۡقَوۡنَ غَيًّا

و قَالَ الله تَعَالَى أيضًا

وَلْيَخْشَ ٱلَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا۟ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَٰفًا خَافُوا۟ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْيَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، اَمَّا بَعْدُ

سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّٰهِ ٱلْعَلِيِّ ٱلْعَظِيمِ

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Hadorotal mukarromin,

Para ‘alimil ‘ulama, para sesepuh, para tokoh masyarakat. Wabil khusus guru kita yang kita undang, fadlilatul mukarrom, KH. Zuhri Ya’qub, beliau adalah wakil Ro’is Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta.

Bapak Bupati Subang, yang hari ini diwakili oleh ASDA III, Bapak H. Dadang Kurninuddin, S. P., M. Si.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Umum, KH. Dadan Hamdani.

Bapak Kabid PAI Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, yang juga beliau ditugaskan sebagai Plh Kakanwil Kemenag Subang, KH. Asnawi, S. Ag., M. Si.

Bapak Kasi Pontren, Ust. H. Alfan Sururi.

Ketua BAZNAS, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Bidang SDM dan Umum, Bapak H. Mughni Ismail.

Baca Juga :At-Tawazun Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2023, Direktur Pendidikan : Bersyukur Kalian Menjadi Santri

Camat Kalijati, yang diwakili oleh Sekmat. Juga Bapak Kapolsek, yang mewakilinya.

Kepala Desa, Bapak Kadus, Alhamdulillah hadir.

Direktur Pendidikan Pondok Pesantren At-Tawazun, Ust. Azis Satori, S. Pd. Direktur Administrasi dan SDM, H. Tata Tajudin, SE., S. Pd. Direktur Kesantrian, Ust. Ence Suparman, S. Pd. I. BURT, BUMP. Para Kepala Sekolah, Tsanawiyah, SMA, MA.

Baca Juga :   Ponpes At-Tawazun Gelar Rapat Koordinasi Pimpinan Tahun 2022 di Jambu Hall, Sari Ater Resort, Ciater

Para orang tua/wali santri, khususnya wali santri kelas 12. Anak-anakku kelas 12, yang sebentar lagi akan meninggalkan pondok.

Santri-santri kelas 1 sampai kelas 5. Para tamu undangan, para dewan guru.

Wabil khusus, orang tua kami, “keramat” kami. Alhamdulillah hadir ibunda saya, Ibu Hj. Robi’atul Adawiyah. Beliau ingin menghadiri acara wisuda ini. Alhamdulillah mudah-mudahan beliau sehat, panjang umur.

Ibunda mertua kami, Ibu Hj. Khozanah, hadir.

Dua “keramat kami”, yang senantiasa mendoakan kami semua. Agar supaya senantiasa berkah. Mudah-mudahan beliau berdua senantiasa panjang umur.

Istri tercinta saya, satu-satunya, Umi. Hj. Siti Nurkamilah.

Para hadirin dan hadirat, yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu per satu, tetapi tidak menghilangkan rasa hormat dan ta’dzim saya.

Anak-anak ku,

Bersyukurlah kepada Allah karena kalian telah mampu menyelesaikan pendidikan di pondok ini hingga jenjang terakhir.

Ingatlah selalu saat di mana kalian baru saja masuk ke pondok ini, bandingkan dengan hari ini, berapa banyak ilmu yang sudah kalian dapatkan.

Kami ucapkan terimakasih kepada orang tua/wali santri yang sudah mempercayai pondok kami untuk menjadi lembaga yang ikut memberikan pendidikan pendewasaan serta pendidikan pemikiran hingga putra-putri kita saat ini telah sampai pada jenjang terakhir.

Terimakasih pula kami ucapkan atas kerjasama bapak-ibu orang tua/wali santri yang turut membimbing, membina, serta memotivasi putra-putri kita semua ini, sehingga berhasil menghantarkan anak-anak kita ke momentum wisuda hari ini.

Maafkan kami apabila ada banyak kekurangan dalam mendidik, baik dari segi fasilitas yang barangkali tidak layak, pencapaian ilmu yang belum tuntas, proses pendisiplinan yang terkadang berlebihan, menu makanan santri yang tidak layak, serta hal-hal lain yang bilamana kami luput, kami ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Anak-anak ku,

Teruskanlah belajar, jangan berhenti menuntut ilmu, karena ilmu yang kalian dapatkan tentu masih jauh dari harapan yang dibutuhkan oleh umat, bangsa, dan negara.

Ibarat kalian berenang, saat ini kalian masih berada di tepi lautan. Sementara, anak-anak ku, ilmu pengetahuan itu masih teramat luas dan begitu dalam.

Baca Juga :   Dinkes Provinsi Jawa Barat Berikan Pelatihan Santri Husada di At-Tawazun

Arungilah lautan ilmu yang dalam itu. Sehingga kalian akan terbentuk menjadi individu yang cermat bertindak, bijak, dan bermartabat. Tentunya, akan sangat berbeda dengan sikap seseorang yang sedikit ilmunya.

Anak-anak ku, di lingkungan sosial kelak, isilah segmen-segmen kehidupan. Pastikan tidak ada lorong-lorong kehidupan sosial yang tidak terisi oleh alumni pondok pesantren.

Jangan takut, anak-anak ku, beranilah. Bahkan bila perlu, kalian harus mampu menjadi pemimpin dalam setiap lokus kehidupan, baik dari strata paling bawah hingga paling tinggi di negeri ini bahkan dunia.

Bekal-bekal untuk kehidupan kalian kelak yang jauh lebih luas, telah diberikan di pondok ini. Tugas kalian saat ini ialah menambah bekal tersebut, mengembangkan, serta mengejawantahkan pengetahuan yang kalian punya ke dalam kehidupan nyata.

Bapak-Ibu Sekalian,

Pondok ini tak henti-hentinya terus mengadakan berbagai evaluasi, perbaikan, dan peningkatan-peningkatan.

Itu semua diusahakan agar santri-santri kita kelak mampu menghadapi dinamika kehidupan yang terus berkembang ini.

Ingat selalu motto kita:

المحافظة على القدبم الصالح والاخذ بالجدبد الاصلح

Motto tersebut jangan hanya dijadikan hiasan dinding belaka, tetapi kita harus terus berusaha untuk merealisasikannya.

Kami terus membuka komunikasi dan masukan-masukan positif dari manapun dan dari siapapun, terlebih kritik dan saran dari para orang tua/wali santri. Semua ini jelas demi kebaikan kita semua ke depan.

Kami juga berusaha merekrut para ilmuan serta para praktisi yang peduli terhadap pendidikan generasi di masa mendatang. Ini dilakukan agar kita tidak tertinggal dari perkembangan zaman.

Terakhir, kami hendak umumkan, Alhamdulillah, perlu kami informasikan kepada bapak/ibu sekalian, bahwa insya Allah pada tahun ajaran yang akan datang, kami akan membuka SD PLUS At-Tawazun yang beralamat di Kp. Sadayu, Kalijati Barat.

Ini saja, sekali lagi kami mohon maaf, bapak-bapak, ibu-ibu, seluruh wali santri, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semuanya dilakukan, untuk kebaikan anak-anak kita semua.

والله الموفق إلى أقوم الطريق

وٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُه

Sabtu, 25 Mei 2024

ttd

Pimpinan Pondok Pesantren At-Tawazun

Dr. KH. Musyfiq Amrullah, Lc., M. Si.

Penulis : Fahri Hilmi