Puskesmas Kalijati Sosialisasikan DBD At-Tawazun

Kalijati – Tidak hanya fokus dalam menanggulangi virus Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang melalui Puskesmas Kalijati juga terus berupaya melakukan inovasi dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren At-Tawazun pada Sabtu siang (22/01)

Penyuluhan DBD adalah untuk memberikan informasi kepada santri tentang penyakit DBD, gejala DBD, ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti, cara penanggulangan penyebaran penyakit DBD melalui gerakan 3M Plus, P3K apabila ada sakit DBD dan mengajak santri supaya melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Untuk menekan DBD, ada beberapa kebijakan yang dilakukan Puskesmas Kalijati diantaranya meningkatkan perilaku hidup sehat dan kemandirian santri terhadap penyakit DBD. Sebagaimana diketahui DBD memang belum ada vaksinnya. Oleh sebab itulah, Puskesmas Kalijati sering mengajak santri untuk sadar serta peduli dengan lingkungannya.

Soni Juliana Putra, S.K.M, Programmer Promkes Puskesmas Kalijati mengatakan pihaknya rutin menggelar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta menggencarkan sosialisasi penyakit DBD kepada santri salah satunya di Pondok Pesantren At-Tawazun. Dengan sosialisasi ini Sony berharap santri Ponpes At-Tawazun dapat mencegah sedini mungkin penyakit DBD.

“Sosialisasi ini sangat penting, lantaran dapat mencegah perkembangan kasus DBD. Selain itu, juga bisa saling bertukar informasi terkait cara melakukan pencegahan penyebaran DBD.” Ujarnya

Kegiatan yang dilakukan di beberapa lembaga pendidikan tentu bisa dishare, sehingga bisa digunakan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mencegah perkembangan DBD.

Sementara Wakil Direktur Kesantrian At-Tawazun, Ust. Oking Sudrajat menuturkan kegiatan Sosialisasi DBD ini sangat bermanfaat bagi santri karena memberikan wawasan terhadap pencegahan penyakit tersebut dan juga mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan meminimalisir berbagai macam penyakit.

Baca Juga :   Ust. Teguh Rahmat : Aspek Sosial Penggunaan Komputer

Oking Sudrajat menambahkan atas nama Pondok Pesantren At-Tawazun mengucapkan terima kasih banyak kepada Puskesmas Kalijati atas kerja sama yang baik ini dibidang kesehatan dan kebersihan lingkungan. Alhamdulillah Pondok Pesantren At-Tawazun sudah lama bekerja sama diberbagai program kesehatan seperti Pos Kesehatan Pesantren, SBH dan lainnya.

“Terima kasih banyak kepada Puskesmas Kalijati atas kerja sama yang baik ini semoga terus berlanjut agar At-Tawazun menjadi lembaga pendidikan yang sehat dan bersih.” Kata Oking Sudrajat

Kegiatan Sosialisasi DBD dilaksanakan selepas upacara Pramuka di Auditorium At-Tawazun. Kegiatan dihadiri oleh Dewan Guru dan seluruh santri Pondok Pesantren At-Tawazun.

Tinggalkan Balasan